Sabtu, 23 Oktober 2010

Instalasi Kabel LAN

Untuk penggunaan koneksi komputer, dikenal 2 buah tipe penyambungan kabel UTP ini, yaitu straight cable dan crossover cable. Fungsi masing-masing jenis koneksi ini berbeda, straight cable digunakan untuk menghubungkan client ke hub/router, sedangkan crossover cable digunakan untuk menghubungkan client ke client (antar 2 atau lebih computer secara langsung langsung)atau dalam kasus tertentu digunakan untuk menghubungkan hub ke hub.
a. STRAIGHT CABLE / Pengkabelan secara lurus
Menghubungkan ujung satu dengan ujung lain dengan satu warna, dalam artian ujung nomor satu merupakan ujung nomor dua di ujung lain. Sebenarnya urutan warna dari masing-masing kabel tidak menjadi masalah, namun ada standard secara internasional yang digunakan untuk straight cable ini,yaitu koneksi minimum berdasarkan standar EIA/TIA-568B RJ-45 Wiring Scheme :
b. CROSSOVER CABLE / Pengkabelan secara Menyilang

Alat yang digunakan untuk membuat kabel jaringan adalah Crimping tools yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi networking.
Proses pengcrimpingan kabel
  1. Kupas ujung kabel bagian luar kurang lebih 1 cm hingga terlihat 8 kabel kecil lainnya dari luar dengan menggunakan pisau yang terdapat pada bagian belakang tang crimping tersebut.
  2. Susun urutan warna kabel.
  3. Masukan ujung kabel UTP menurut susunan internasional kedalam socket RJ 45 dan jepit menggunakan tang crimping.

Langkah terakhir test menggunakan tester sebelum memasang pada LAN card atau modem yang bertujuan agar mengetahui apakah semua serat kabel berfungsi dengan baik dan pada intinya sech jangan sampe kerja dua kali.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa comment ya.. biar ilmu terus bertambah dengan semua kekurangan di blog ini oke :)

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

FOREX

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms